Kamis, 23 Desember 2010

Carpal Tunnel Syndrome

Akhir - akhir ini tangan kanan saya sering terasa sakit di bagian pergelangan. ya, beberapa bagian tubuh saya memang sedang terasa sakit ( bagian tubuh lain ).

Untuk tangan ini, sering beberapa kali sulit digunakan untuk mengepal, terasa gampang lelah, dan juga agak terasa nyeri di bagian punggung tangan.

Saya belum memeriksakan ke dokter karena saya pikir, mungkin memang hanya karena kelelahan saja. Namun setelah saya melakukan pencarian di Google, saya mendapatkan beberapa artikel mengenai Carpal Tunnel Syndrome. Berikut penjelasannya :

Carpal tunnel syndrome is numbness, tingling pain, and weakness in the thumb, index and middle fingers as a result of irritation of the median nerve being irritated at the wrist.
Carpal Tunnel Syndrome adalah ketidakpekaan (baal), kesemutan yang disertai nyeri, dan adanya weakness pada ibu jari, telunjuk serta jari tengah yang disebabkan oleh iritasi pada syaraf median ( merupakan salah satu dari lima syaraf utama yang berasal dari brachial plexus )


Walaupun banyak hal yang dapat menyebabkan sindrom ini, pemakaian komputer yang terlalu sering diduga menjadi penyebab paling umum yang sering berpengaruh.


Hal terburuk yang mungkin terjadi adalah putusnya sendi pergelangan tangan sehingga tangan tidak dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya bahkan mungkin tidak dapat digerakkan sama sekali.


Apakah Carpal Tunnel Syndrome dapat disembuhkan?


Tentu saja, misal dengan terapi (therapy) dan sebagainya tetapi lebih baik kita mencegah terlebih dahulu sebelum terkena penyakit CTS ini.


Pencegahan bisa dilakukan diantaranya dengan, cara berikut:


1. Jarak Pandang antara mata dengan komputer minimal 60 cm.


2. Pandangan antara mata ke monitor harus mengarah sedikit ke bawah atau sekitar 5-15° lebih rendah dari posisi horisontal pandangan mata.


3. Usahakan menghindari pantulan lampu atau cahaya yang masuk ke monitor.


4. Posisi tangan di atas keyboard harus membentuk sudut 90 derajat begitu juga kaki.












5. Atur bangku anda sehingga posisi tangan menjadi sejajar dengan meja ketika anda menggunakan keyboard.


6. Jangan menggunakan komputer tanpa henti (lebih dari 2 jam), berdiri, sedikit olahraga (strecthing) dan berjalanlah sebentar (1 menit) secara periodik sebelum melanjutkan pekerjaan anda.


7. Gunakan penyangga mouse dan atau keyboard untuk kenyamanan anda.


8. Gunakan penyangga kaki bila diperlukan.


9. Gunakan kursi yang dapat menyangga posisi punggung anda.


10. Lakukan peregangan seperti berikut :






11. Dapat pula menggunakan alat pelindung seperti ini









Tentu saya berharap bukan hal seperti itu yang terjadi dengan pergelangan tangan saya saat ini. karena beberapa gambar yang memperlihatkan salah satu pasien CTS sedang dibedah cukup mengerikan.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar